Latar Belakang


  • Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 mengamanahkan bahwa setiap instansi pemerintah untuk menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah sebagai bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran

  • Penilaian dan pelaporan kinerja pemerintah daerah menjadi salah satu kunci untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, efisien dan efektif

  • Tujuan penyusunan LKJIP adalah untuk menggambarkan penerapan Rencana Strategis (Renstra) dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi di masing-masing perangkat daerah, serta keberhasilan capaian sasaran saat ini untuk percepatan dalam meningkatkan kualitas capaian kinerja yang diharapkan pada tahun yang akan datang

  • SmartASNPlus hadir dalam bentuk bimbingan teknis untuk mengangkat tema Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD)

  • Bimtek ini akan dipandu oleh instruktur dan fasilitator dalam rangka memberikan pemahaman teknis serta langkah-langkah dalam menyajikan dokumen LKJIP dan LPPD

Tujuan

Bimtek ini diselenggarakan agar ASN mampu memahami dan menyusun dokumen Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

Silabus

a. Konsep Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) dan Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD)

  1. Latar belakang/Urgensi Pelaporan Kinerja

  2. Kebijakan penyusunan, prinsip dan tujuan LKJIP

  3. Lesson Learned Pelaksanaan LPPD tahun 2008-2020

  4. Peran Strategis, ruang lingkup, strategi persiapan penilaian LPPD

b. Lesson Learned Penguatan Penyusunan LkjIP dan LPPD di Lingkungan

  1. Integrasi Penyusunan LKJIP

  2. Mekanisme Pengumpulan data Kinerja di lingkungan

  3. Strategis identifikasi Capaian Kinerja dan Alur penyusunan Dokumen LPPD di lingkungan

c. Konsep Pelaporan Kinerja Organisasi dan Urgensi Penyusunan LPPD

  1. Tips dan Trik Analisis Informasi Data Kinerja, Permasalahan dan Isu Strategis

  2. Keterkaitan tingkat efisiensi penggunaan sumber daya dengan capaian kinerja

  3. Keterkaitan LKjIP dengan dokumen perencanaan lainnya

d. Praktik Penyusunan LKJIP dan LPPD

  1. Teknik Pernyusunan Dokumen, Latar Belakang, Penyajian Perencanaan Kinerja pada LKJIP dan LPPD

  2. Tata Cara Identifikasi Indikator dan Kinerja

  3. Tata Cara Penyajian Pelaksanaan Tugas Pembantuan dan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal


Kegiatan ini akan dilaksanakan pada

02 - 05 Maret 2022

02 Maret 2022 : 12.30 - 17.00 | 04 Maret 2022 : 13.00 - 17.00 | 05 Maret 2022 : 08.00 - 12.00

Dokumentasi Kegiatan